Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Internet Fixed Broadband VS Mobile Broadband


Saat ini pengguna layanan internet dunia dihadirkan dengan dua pilihan yaitu Mobile Broadband dan Fixed Broadband. Layanan internet Mobile Broadband adalah layanan internet berbasis mobile atau layanan internet menggunakan kartu SIM card selular. Sedangkan layanan internet Fixed Broadband adalah layanan internet menggunakan jaringan kabel fiber optic, untuk dapat mengakses layanan internet fixed broadband kita diwajibkan menggunakan perangkat wifi dan kabel LAN. Mengenai perbedaan mengenai keduanya akan dijabarkan sebagai berikut :

1. Harga

Untuk harga, internet mobile broadband lebih murah karena dapat menghadirkan berbagai pilihan kuota tergantung kebutuhan kita. Sedangkan fixed broadband harga tergantung dari kecepatan, sehingga harga yang ditawarkan setiap bulannya tetap.


2. Koneksi

Karena menggunakan SIM card selular mobile broadband koneksi tergantung ketersediaan jangkauan sinyal terhadap layanan selular, sedangkan fixed broadband koneksi lebih stabil karena jaringan menggunakan kabel fiber optic dan tergantung dari pilihan kecepatan internetnya juga.


3. Mobilitas

Bicara mengenai mobilitas sudah pasti internet mobile broadband juaranya, karena dapat diakses dimana saja tergantung ketersediaan dari sinyal jaringan selular. Sedangkan untuk fixed broadband tidak dapat diakses dimana saja karena sifat layanannya menggunakan koneksi wifi dan kabel LAN.


Dari perbedaan diatas dapat disimpulkan bahwa internet mobile broadband cocoknya untuk kalian dengan mobilitas tinggi. Sedangkan buat kalian yang suka download-download file, gamer, dan jarang berpergian, internet fixed broadband adalah pilihannya.

Post a Comment for "Internet Fixed Broadband VS Mobile Broadband"