Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan/Kekurangan SSD dan HDD

Kali ini sedikit pembahasan mengenai perbedaan Harddisk atau yang sering disingkat dengan HDD dan Solid State Drive atau yang biasa disebut dengan SSD. Mengenai fungsi antara HDD dan SSD adalah sama - sama media penyimpanan data, tetapi dalam melakukan menyimpan data, HDD melakukan penyimpanan pada lapisan – lapisan magnetic sedangkan SSD melakukan penyimpan pada sebuah chip memory flash yang berhubungan satu sama lainnya. Mengenai flash memory yang dipakai pada SSD justru jauh berbeda dengan Flash Memory yang digunakan oleh Flashdisk, baik itu mengenai tipe memory ataupun kecepatannya. Itu sebabnya kenapa harga SSD dan Flashdisk dengan kapasitas yang sama jauh lebih mahal harga SSD. Mengenai kekuatan antara HDD dan SSD jauh SSD lebih kuat karena menggunakan teknologi non volatile memory sebagai penyimpanan sedangkan HDD menggunakan cakram magnetis atau piringan keras yang rentan terhadap getaran dalam penyimpanannya.

Selain hal diatas mari kita bahas perbedaan dari sisi kecepatan, harga, bentuk dan ukuran, cara kerja, dan kelebihan dan kekurangan dari SSD dan HDD.

1. Kecepatan

Mengenai kecepatan adalah hal paling mendasar yang diperlihatkan oleh SSD, mencapai 8 kali lebih cepat dibandingkan kecepatan HDD. Laptop yang menggunakan SSD dalam melakukan booting dapat dihitung melalui hitungan detik, sedangkan laptop yang menggunakan HDD justru bergantung pada spesifikasi yang ada dalam tubuh laptop itu sendiri. Penyebab dari hal tersebut adalah tidak adanya proses pencarian letak file melalui putaran gerakan elektronik sebuah piringan.

2. Harga

Mengenai harga sudah pasti jauh lebih mahal SSD, kita dapat mencari perbandingan harga SSD dengan ukuran 120GB saat ini berkisar antara Rp 600.000,- sampai dengan Rp 800.000,- sedangkan dengan bandrol harga yang sama, HDD mampu meberikan kapasitas yang jauh lebih besar dari pada SSD yaitu 500GB.

3. Bentuk dan Ukuran

SSD tidak bergantung pada bentuk ataupun ukuran karena teknologi yang diterapkan oleh SSD adalah menggunakan flash memory sehingga kapabilitas SSD dapat disesuaikan seiring perkembangan jaman. Sedangkan HDD bergantung pada material yang terdapat didalamnya yaitu platter ataupun head sehingga ukuran HDD tidak dapat disusutkan sesuai dengan kebutuhan perkembangan jaman. Saat ini seperti yang ada pada pasaran, baik HDD ataupun SSD mempunyai ukuran 2,5” yaitu didesain untuk keperluan penyimpanan Laptop ataupun Notebook.

4. Cara Kerja

Secara umum HDD melakukan perintah penulisan dan membaca melalui komponen elektronika yang menggerakkan lengan penghubung head. Head tersebut akan bergerak mencari informasi yang dituju pada piringan yang digerakkan oleh motor. Sehingga cara kerja HDD bergantung pada gerak mekanik pada motor dan komponen elektronika melakukan perintah terhadap lengan penggerak head. Sedangkan pada SSD hanya terdapat komponen elektronika, yaitu Flash Memory-Based, Controller, Buffer Cache, DRAM-Based, dan Battery (Super Capacitor). Sehingga SSD hanya bergantung pada komponen elektronika pada saat melakukan pembacaan dan menulis.

5. Kelebihan dan Kekurangan

Dari beberapa pembahasan diatas dapat disimpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan HDD dan SSD. Yang pertama adalah mengenai kelebihan dari SSD dibandingkan dengan HDD :

  • Mengenai kecepatan SSD mempunyai kecepatan jauh lebih cepat dari pada HDD.
  • SSD tidak menimbulkan suara berisik atau noise yang ditimbulkan oleh motor dan piringan.
  • Tidak menurunkan aktifitas kinerja sehingga tidak memerlukan defragment secara berkala seperti penggunaan pada HDD, karena SSD menyimpan data pada Chip Flash.
  • Berat SSD jauh lebih ringan dari pada HDD dikarenakan SSD hanya terdiri dari komponen elektronika saja.
  • Bentuk dan ukuran dapat disesuai dengan kebutuhan seiring perkembangan jaman.
  • Konsumsi daya listrik SSD lebih rendah dari pada HDD, sehingga mengakibatkan suhu panas yang lebih rendah dari pada HDD.
  • Tahan terhadap goncangan karena teknologi yang digunakan sudah tidak menggunakan piringan.

Selain kelebihan SSD yang perlu diketahui juga adalah mengenai kelebihan dari HDD ketimbang SSD :

  • Kekurangan yang paling terlihat pada SSD adalah harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan HDD.
  • Karena siklus membaca dan menulis SSD lebih pendek dapat diasumsikan dengan penggunaan yang relative sama umur SSD lebih pendek dari pada HDD.

Berikut ini adalah berbedaan yang dapat disimpulkan pada tabel :

Jenis Perbedaan SSD HDD
Bentuk & Ukuran Dapat disesuaikan seiring dengan perkembangan jaman Tetap dan tidak dapat disesuaikan
Berat Ringan Berat
Cara Kerja Elektrik Elektrik dan Mekanik
Daya Listrik Rendah Tinggi
Defragment Tidak Berkala Harus Berkala
Goncangan Tahan Rentan
Harga Mahal (120GB Rp 600.000,- s/d Rp 800.000,-) Murah (500GB Rp 600.000,- s/d Rp 800.000,-)
Kebisingan Rendah Tinggi
Kecepatan Cepat Lambat
Penyimpanan Flash Memory Piringan
Suhu Panas Rendah Tinggi
Umur Lebih Pendek Lebih Panjang

Post a Comment for "Kelebihan/Kekurangan SSD dan HDD"