Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Fungsi IP Address


Pengertian IP Address

Perkembangan teknologi saat ini semakin hari semakin cepat, terlebih saat ini kita dapat menemukan sebuah informasi dalam hitungan detik. Dimana kita mencari informasi tersebut? Ya, sudah tentu perangkat yang kita gunakan untuk mencari informasi harus tersambung dengan dengan koneksi internet.

Selanjutnya bagaimana kita dapat terkoneksi dengan internet? Ini jawaban yang harus dijabarkan, tentu dengan banyak material dan komponen yang menghubungkan perangkat kita agar perangkat kita dapat terkoneksi dengan internet, salah satunya adalah IP Address yang dimana merupakan kepanjangan dari Internet Protocol Address. IP Address adalah komponen penting yang dapat menghubungkan perangkat komputer ataupun gadget kita dengan internet, tanpa adanya IP Address kita tidak akan dapat melakukan akses terhadap internet.

Selanjutnya apa itu IP Address? IP Address adalah sebuah identitas numerik yang ditanamkan pada sebuah perangkat atau host, dimana identitas tersebut berupa deretan angka biner yang terdiri dari 32 sampai dengan 128 bit bilangan biner. Dengan adanya identitas numerik maka host-host yang terhubung dapat melakukan pertukaran data dalam sebuah jaringan internet, sehingga aliran data tersebut dapat dikenali identitas pengirim ataupun penerimanya.

Jadi kesimpulannya, IP Address adalah alamat atau identitas numerik yang diberikan kepada sebuah perangkat agar dapat terhubung dan melakukan komunikasi dalam sebuah jaringan internet.

Fungsi IP Address

Dalam kasus setiap harinya kita melakukan akses terhadap sosial media menggunakan gadget ditangan kita, yang artinya gadget yang kita gunakan tersebut meminta data ke komputer server tempat website sosial media tersebut disimpan. Logikanya seperti ini, gadget yang kita gunakan adalah host penerima data sedangkan komputer server adalah host pengirim data. Bagaimana kalau seandainya kita melakukan unggah foto/video ke sosial media kita? Keadaannya akan berbalik, dimana gadget yang kita gunakan mengirimkan data ke komputer server tempat website sosial media tersebut disimpan. Sehingga logikanya gadget yang kita gunakan bertindak sebagai host pengirim data sedangkan komputer server bertindak sebagai host penerima data

Dengan analogi diatas tentu kita sudah membayangkan untuk setiap host baik itu gadget ataupun website server sosial media memiliki sebuah IP address yang berperan penting sebagai alamat yang ditujukan untuk proses mengirim ataupun menerima data dalam sebuah jaringan internet, sehingga proses pertukaran data berjalan sesuai dengan prosedur dari internet protocol.

Selain kasus diatas terdapat analogi sederhana lainnya yaitu handphone kita memiliki nomor telepon untuk mengirim ataupun menerima pesan dari handphone orang lain, sedangkan komputer memiliki IP Address untuk mengirim ataupun menerima data dari jaringan internet.


Post a Comment for "Pengertian dan Fungsi IP Address"