Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Modifikasi RAM dan SSD pada Laptop Asus A455L


Artikel ini saya buat untuk membagikan ke teman-teman bagaimana saya melakukan upgrade Laptop pabrikan Asus A455L saya. Kenapa saya melakukan upgrade laptop saya ini? Ya mungkin salah satu alasannya adalah ingin membuat laptop saya cepat dalam melakukan pekerjaan, terutama dalam hal edit-mengedit video.

Okay, sebelum lanjut saya akan sedikit menjelaskan mengenai spesifikasi awal laptop kesayanganku ini. Asus A455L ini disematkan dengan prosesor Intel Core i5-4210U dan RAM onboard sebesar 4GB DDR3. Ya kalau mengenai performa Asus sih ga mau kalah dari pesaing-pesaingnya dalam urusan dapur pacu. Asus juga menanamkan teknologi terbarunya yaitu 2 Second Instand On, yang katanya sih teknologi ini membantu kita dalam hal buru-buru menghidupkan laptop. Dalam hal grafis, Asus A455L memiliki layar sebesar 14”, dengan resolusi layar 1366 x 768 px dan HD Color Shine yang dapat memberikan kualitas grafis yang baik. Selain Intel HD Graphics 4400 asus jg menyematkan kartu grafis Nvidia G840M sebesar 2GB sehingga grafis yang diciptakan menjadi lebih maksimal. Nah mengenai kapasitas harddisk, asus menyematkan harddisk sebesar 500GB pada laptop ini, sehingga dapat menyimpan data lebih leluasa. Tapi sayangnya laptop ini tidak disematkan windows original. Mengenai spesifikasi lengkapnya Asus A455L, bisa dilihat pada table dibawah ini :

CPU Intel Core i5 5200
Memory / RAM 4GB DDR3 1600 Mhz
Tipe Grafis Intel HD Graphics 4400 + Nvidia GT 820M – 2GB
Ukuran Layar 14″ HD Color Shine
Resolusi Layar 1366 x 768
Drive Optik DVD±RW
Speaker Asus Sonic Master
Kamera HD WebCam
Touch Screen Tidak
Penyimpanan / HDD 500GB 5400RPM
Koneksi Bluetooth 4.0
Wireless
Ethernet
Slot LAN
VGA
HDMI
2x USB 2.0
1x USB 3.0
SD Card Reader
Combo Audio Jack
Baterai 4 Cells, Lithium-ion Battery 2600mAh
Berat 2,3 kg
Garansi 2 Tahun Internasional

Lanjut mengenai apa saja yang saya upgrade untuk mendapatkan performa laptop yang baik? Yang pertama adalah HDD atau harddisk dari 500GB aku ganti menjadi 1TB, alasannya adalah biar dapat menyimpan lebih banyak data, yang pasti keperluannya adalah melakukan penyimpanan video. Harddisk yang saya gunakan adalah HDD Seagate 1TB. Sayangnya saya tidak menampilkan tahap penggantian harddisk pada video tutorial ini, karena harddisk Seagate 1TB sudah saya ganti sebelum video tutorial ini dibuat. Tetapi disini akan saya jelaskan mengenai pemindahan HDD dari lokasi awal ke Second HDD Caddy, perlu diketahui Second HDD Caddy adalah tempat HDD dimana HDD akan dipindahkan ke tempat CD-ROM Laptop, sehingga Laptop tidak lagi menggunakan CD-ROM, Second HDD Caddy yang digunakan pada laptop Asus A455L adalah Second HDD Caddy 9,5mm.

Yang kedua adalah penyimpanan windows atau yang biasa disebut dengan “Drive C” dari HDD saya rubah menggunakan SSD (Solid State Drive), ya mungkin sahabat Tekno semua pada sudah tahu mengenai kecepatan SSD seberapa? Mencapai 8 kali lebih cepat dari HDD, mengenai perbedaan HDD dan SSD sudah saya bahas pada artikel sebelumnya. Mengenai SSD yang saya gunakan adalah SSD Kingston 120GB.

Yang ketiga adalah RAM (Random Access Memory), karena komputer ini hanya disematkan 4GB RAM onboard, masih kurang cukup rasanya dalam performa edit mengedit video dengan aplikasi kesayangan saya. Dan pada satu slot kosong memory yang disediakan oleh Asus, saya tambahkan 8GB RAM sehingga total RAM dihasilkan pada laptop ini adalah 12GB. Tapi ingat lo, laptop ini hanya support RAM tipe DDR3L yang hanya menggunakan daya 1.3volt, sehingga suhu laptop tidak menjadi panas. Mengenai RAM yang saya gunakan adalah Kingston 8GB.

Selanjutnya adalah bagaimana cara pemasangan dari semua perangkat diatas? Berikut ini adalah video tutorial dari pemasangan RAM dan SDD, oh ya kebetulan pada video kali ini saya dibantu oleh teman saya @dewa_inside.


Post a Comment for "Cara Modifikasi RAM dan SSD pada Laptop Asus A455L"