Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Lembar Kerja/Jendela Adobe Photoshop

 

Sebelum belajar lebih lanjut fitur-fitur yang pada aplikasi Photoshop sebaiknya terlebih dahulu kita mengetahui jendela atau lembar kerja dari software Adobe Photoshop. Sebagai contoh disini aplikasi Adobe Photoshop yang digunakan adalah versi CC. Berikut ini adalah fungsi dari setiap lembar kerja/jendela adobe photoshop tersebut :

1. Control Menu

Merupakan sebuah elemen icon program adobe photoshop yang terletak di sudut kiri atas. Dalam hal ini fungsi dari control menu adalah untuk menampilkan menu perintah untuk mengembalikan ukuran jendela ke dalam bentuk default (Restore), memindahkan letak jendela (Move), merubah/mengatur ukuran jendela (Size), menghilangkan dan menampilkan jendela (Minimise/Maximise), dan terakhir adalah perintah keluar dari program (Close Alt+F4). Untuk menampilkan menu perintah tersebut kalian hanya perlu mengklik icon program Adobe Photoshop. Berikut ini adalah tampilan menu perintah pada Adobe Photoshop CC.

2. Menu Bar

Menu Bar adalah bagian yang menyediakan menu-menu perintah untuk menjalankan perintah-perintah manajemen file. Seperti halnya perintah untuk melakukan pengelolaan Layer dan Dokumen, selain itu perintah lain yang disediakan adalah memberi efek Filter dan mengatur tampilan Panel. Nah untuk versi CC menu awal yang disediakan adalah File, Edit, Image, Layer, Type, Select, Filter, 3D, View, Window, dan Help. Untuk isi setiap menu awal dari menu barbeda berdasarkan versi dari Photoshop, semakin baru versi maka isi dari perintah didalam menu bar semakin lengkap. Berikut ini adalah tampilan menu bar pada Adobe Photoshop CC.

3. Options Bar 

Option Bar terdiri dari beberapa text box dan button untuk melakukan sebuah perintah yang dipilih dari tool pada toolbox, maka dari itu isi dari option bar bergantung pada toolbox yang dipilih. 

4. Document Title

Document Title adalah sebuah jendela yang berfungsi untuk memberikan informasi judul atau nama file/dokumen dari setiap jendela kerja yang sedang aktif saat ini. Anda dapat melakukan perubahan ukuran jendela kerja dengan cara drag tab document tersebut. Jadi semakin banyak file/dokumen yang dibuka semakin banyak pula informasi nama dari setiap file pada jendela kerja yang ditampilkan.


5. Document Window

Document Window adalah sebuah lembar kerja yang didalamnya dapat berupa gambar/foto, teks, maupun objek olahan dari perintah-perintah yang dilakukan. Document Window dapat di perbesar ataupun diperkecil tampilannya dengan cara drag nama (document title) pada dosumen window kemudian arahkan mouse kebagian pinggir-pinggir window sampai cursor berubah menjadi panah kanan/kiri atau atas/bawah dan mouse dapat ditekan untuk membuat ukuran window sesuai dengan kebutuhan. Selain itu tampilan jendela kerja dapat dirubah senyaman kita dalam melakukan pekerjaan dengan cara menekan tombol F pada keyboard.

6. Toolbox

Toolbox adalah sebuah jendela dengan berbagai jenis peralatan yang dapat digunakan untuk mengelola file seperti memindahkan objek dengan move tool, membuat seleksi dengan berbagai macam bentuk sesuai kebutuhan kita, memotong gambar, memberi warna pada objek, membuat text pada objek, mengkloning objek, dan banyak lagi peralatan yang lain untuk menunjang perintah eksekusi pada aplikasi Photoshop yang semuanya akan dibahas pada materi selanjutnya pada blog ini.

Secara default pada jendela toolbox tidak semua peralatan dapat ditampilkan, beberapa akan disembunyikan pada tanda ‘segitiga’ disudut kanan bawah. Peralatan yang disembunyikan tersebut dapat ditampilkan dengan cara mengklik kanan pada toolbox yang berisi tanda segitiga kemudian pilih salah satu peralatan yang ditampilkan sesuai dengan kehendak kita. Secara default toolbox ditampilkan sebagai jendela terbang (floating window) dalam area kerja (work space) dan berada di sisi kiri pada jendela Photoshop.

7. Pallete

Palette/Panel adalah bagian yang berisikan informasi tentang dokumen yang aktif saat ini serta perintah-perintah yang dapat digunakan untuk memanipulasi gambar dan setiap perintah yang dilakukan pada lembar kerja photoshop akan direkam pada palette
Tidak semua panel photoshop dapat ditampilkan pada pallete, namun panel tersebut dapat ditampilkan ataupun disembunyikan sesuai kebutuhan dengan cara klik menu Windows pada menu bar, kemudian pilih dengan cara mencentang panel yang akan ditampilkan. Terdapat berbagai panel yang dapat digunakan seperti panel Action, History, Layers, Navigator, Style dan masih banyak lagi yang lainnya. Posisi pallete berada pada sisi kanan jendela photoshop.



16 comments for "Mengenal Lembar Kerja/Jendela Adobe Photoshop"

  1. apa saja yang ada didalam toolbox?

    ReplyDelete
  2. Saya ingin bertanya, apakah ada perbedaan menu atau fitur Photoshop yang ada di handphone dengan yang ada di PC?

    ReplyDelete
  3. berapa maksimal jumlah layer di photoshop?

    ReplyDelete
  4. apakah pada aplikasi photoshop dapat membuat templates?
    bagaimana caranya?

    ReplyDelete
  5. Misalnya setelah beberapa rangkaian pengeditan, kita ingin melihat atau menggunakan konsep editan yang sebelumnya. Apa ada menu untuk melihat editan sebelumnya tanpa menghapus editan saat ini? Seperti menu undo atau sebagainya? Kalau ada, bagaimana itu caranya🙏

    ReplyDelete
  6. Apa perbedaan fungsi navigator dan Layers pada panel/pallete

    ReplyDelete
  7. Mohon ijin bertanya Pak,dalam sebuah preset foto yang kita gunakan dalam photoshop. Apakah bisa kita kalibrasi lagi komposisi presetnya yang mungkin dirasa belum sesuai dengan warna yang ingin kita dapatkan?..proses tersebut dilakukan pada tools yang mana Pak?...Terimakasih

    ReplyDelete
  8. Jika kita mempergunakan terlalu banyak layer pada image yang sedang dikerjakan, maka apa yang akan terjadi?

    ReplyDelete
  9. Apakah pada menu bar pada bagian filter harus membayar agar bisa menggunakannya?

    ReplyDelete
  10. Apakah ada fitur berbayar yang terdapat pada aplikasi photoshop?

    ReplyDelete
  11. gimana langkah langkah menggunakan gradient Tool? dan Untuk membuat warna gradasi tool apa yang seharusnya digunakan?

    ReplyDelete
  12. Dari versi CS6 dan CC banyak tools yang berkembang dari versi sebelumnya, apakah tools" tersebut dapat mengefisiensikan waktu dalam mengaplikasikan maupun menggunakan metode" editing yang ada di dalam addobe photoshop?

    ReplyDelete