Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengenalan, Sejarah, dan Perkembangan Adobe Photoshop

Adobe Photoshop biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra dibuat dan dikembangkan oleh Adobe yang digunakan untuk pengeditan foto/ gambar dan pembuatan efek. Photoshop banyak digunakan oleh kalangan fotografer digital dan perusahaan iklan (advertising) sehingga dianggap pemimpin pasar (market leader) dan produk terbaik perangkat lunak pengolahan gambar/foto yang diproduksi oleh Adode Systems. Photoshop tersedia untuk berbagai sistem operasi diantaranya Windows dan MacOS. Sedangkan untuk sistem operasi Linux, Photoshop yang dapat digunakan adalah versi 9 keatas dengan bantuan perangkat lunak seperti CrossOver.

Photoshop beberapa format file yang dihasilkan diantaranya adalah :

1. .PSD (Photoshop Document) format yang menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, mask, opacity, blend mode, channel warna, channel alpha, clipping paths, dan setting duotone.
2. .PSB adalah versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 GB
3. .PDD adalah versi lain dari PSD yang hanya dapat mendukung fitur perangkat lunak PhotshopDeluxe.

Sejarah Adobe Photoshop

Berawal ditahun 1987, Thomas Knoll, adalah seorang mahasiswa PhD di Universitas Michigan yang mulai menulis sebuah program komputer di Macintosh Plus milik-nya untuk menampilkan gambar grayscale pada layar monokrom. Kemudian program tersebut dinamai dengan Display. Dalam perjalanan, ternyata program tersebut menarik perhatian saudaranya yaitu John Knoll, adalah seorang karyawan di Industrial Light & Magic, yang kemudian merekomendasikan Thomas untuk merubah program sepenuhnya menjadi sebuah program penyunting gambar.

Kemudian Thomas mengambil cuti selama satu semester dari kuliahnya pada tahun 1988 untuk berkolaborasi dengan saudaranya dalam penelitian pengembangan program tersebut. Keberhasilan tersebut diperingati dengan merubah nama program tersebut dari Display menjadi ImagePro, tetapi nama tersebut sudah digunakan oleh perusahaan lain, sehingga setahun kemudian nama program tersebut diganti oleh Thomas menjadi Photoshop. Thomas juga bekerja dalam jangka pendek dengan produsen scanner Barneyscan untuk mendistribusikan salinan dari program tersebut dengan slide scanner, sehingga total mencapai 200 salinan Photoshop dapat terkirim dengan cara ini.

Selama itu juga, John pergi ke Silicon Valley di California dan mendemonstrasikan program itu kepada insinyur di Apple Computer Inc. dan

Russell Brown, direktur seni di Adobe. Kedua demonstrasi itu berhasil dilakukannya, sehingga pada bulan September 1988 Adobe tertarik dan memutuskan untuk membeli lisensi distribusi Photoshop. Setelah itu John bekerja pada plug-in di California, sedangkan Thomas tetap di Ann Arbor untuk menulis kode program.

Pada awal dirilisnya Photoshop 1.0 pada tahun 1990, Photoshop hanya tersedia pada Macintosh saja kemudian pada awal tahun 1993 kepala arsitek Adobe, Seetharaman Narayanan mengembangkan Photoshop ke Microsoft Windows.

Perkembangan Adobe Photoshop

Photoshop mengalami perkembangan dan perubahan melalui berbagai versi, berikut ini adalah perkembangan photoshop dari awal sampai akhir : 

1. Photoshop 1.0 

Photoshop ini pertama kali dirilis tahun 1990, mempunyai kapasitas sama dengan sekeping flopppy disk (1,4Mb) dan hanya dapat beroperasi untuk komputer dengan sistem operasi Macintosh. Kemudian Adobe Photoshop mencatat sebuah sejarah baru dengan menjadi salah satu masterpiece di dunia teknologi informasi.

2. Photoshop 2.0

Juni 1991, Tepat satu tahun setelah dirilis photoshop versi pertama, versi terbaru muncul dengan nama Photoshop 2.0. Masih seperti photoshop pertama di operasikan di sistem operasi Macintosh dan mulai digunakan codename, Codename untuk photoshop versi 2 ini yaitu Fast Eddy. Pada versi ini, Photoshop sudah mulai menggunakan warna, dapat dilihat dari logo dan welcome splashnya yang sudah berwarna, tidak hitam putih lagi. Sedangkan lembar kerja, dan tools masih sama dngan versi pertama.

3. Photoshop 2.5

Melalui perkembangan Windows dinilai mulai mendominasi pasar komputer. Pada November 1992, untuk pertamakalinya Adobe Photoshop dirilis untuk untuk dua sistem operasi sekaligus yaitu Macintosh dengan codename Merlin dan Windows dengan codename Brimstone. Perubahan pada versi 2.5 ini antara lain ada pada Welcome Splash dan About screen dan juga sudah mendukung 6 bit channel support. Untuk Toolbar dan workspacenya juga lebih rapi dari versi sebelumnya.

4. Photoshop 3.0


September 1994 Photoshop meluncurkan versi 3.0 dimana untuk sistem operasi Macintosh menggunakan codename Tiger Mountain, dua bulan kemudian tepat pada November 1994 Photoshop meluncurkan versi 3.0 untuk Windows dengan codename IRIX dan SOLARIS. Perubahan yang paling terlihat pada versi ini adalah munculnya pallet warna dan juga layer. Sedangkan untuk icon, Wellcome Splash, Toolbar, dan Workspace tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya.

5. Photoshop 4.0

Setelah dua tahun dari versi 3.0 yaitu November 1996 Adobe kembali merilis Photoshop versi 4.0 dengan codename Big Electric Cat baik untuk sistem operasi Windows ataupun Macintosh. Perbuahan yang terlihat pada photoshop versi ini adalah adanya fitur Adjustment Layers dan Actions (macros), selain itu ada juga perubahan lain seperti pada Welcome Splash dan Dodge Tool.

6. Photoshop 5.0

Penambahan fitur History Pallet, Color Management, dan Magnetic Lasso terjadi pada Photoshop versi 5.0, hanya saja tampilan tidak banyak berubah dari versi photoshop sebelumnya.

7. Photoshop 5.5


Tidak lama kemudian Adobe kembali merilis photoshop versi 5.5. Pada versi ini codename yang diberikan adalah Strange Cargo dengan kedua operasi sistem windows dan macintosh. Perubahaan yang terlihat adalah penambahan ImageReady pada photoshop, Save for Web, dan juga Extract.

8. Photoshop 6.0

Pada September 2000 Adobe kembali merilis Photoshop versi 6.0 dengan codename Venus in Furs. Fitur yang ditambah pada versi ini seperti Vector Shapes, Liquify yaitu salah satu fitur di filter, dan Layer Styles/Blending Options dialog.

9. Photoshop 7.0


Maret 2002, Adobe kembali merilis Photoshop dengan versi 7.0 yang dikenal dengan codename Liquid Sky. Photoshop kali ini dapat berjalan pada sistem operasi Windows, Macintosh OS Classic dan Macintosh OS X. Perubahan terjadi pada tampilan yang lebih segar, text fully vector, Healing brush dan painting engine yang baru.

10. Photoshop CS1 (8.0)

Photoshop CS (Creative Suite) dirilis pada Oktober 2003 dengan codename Dark Matter yang berjalan pada sistem operasi Mac OS X dan Windows. Fitur yang ditambahkan adalah Camera RAW 2 x, Slice Tool, Shadow/Highlight, Lens Blur di menu Filter, dokumennyapun bisa sampai 300.000 pixel. Share on FacebookShare on TwitterShare on Google+.

11. Photoshop CS2 (9.0)

April 2005 Photoshop CS2 ini dirilis untuk sistem operasi Mac OS X dan Windows 2000 / XP. Dilengkapi dengan fitur Camera RAW 3.x, Smart Objects, Image Warp, Spot healing brush, Red-Eye tool, Lens Correction filter, Smart Sharpen, Smart Guides, Vanishing Point. Peningkatan manajemen memori pada mesin PowerPC G5 Macintosh 64-bit yang menjalankan Mac OS X 10.4, Mendukung HDRI (High Dynamic Range Imaging), Mendukung scripting JavaScript dan bahasa lainnya, fitur “smudging”, seperti misalnya “Scattering” dan memperbaiki seleksi layar, seperti kemampuan untuk memilih lebih dari satu layer.

12. Photoshop CS3

Photoshop CS3 dirilis pada April 2007 dengan codename Red Pill. Ditampilkan dengan tampilan yang lebih elegant, minimalis, dan memperioritaskan workspace yang berbeda dari versi sebelumnya. Fitur yang ditambahkan antara lain Quick Select tool, Auto Align, dll. Photoshop CS3 ini juga dapat diinstal pada sistem operasi Universal Mac OS X, Windows XP SP2 atau lebih.

13. Photoshop CS4

Photoshop CS4 dirilis pada Oktober 2008 dengan codename Stonehenge. Fitur baru yang ditambahkan adalah support Adobe bridge CS4, support Windows Vista x64, Masks panel, Adjustment panel dll.

14. Photoshop CS5

Photoshop CS5 dirilis pada April 2010 dengan codename White Rabbit. Perubahan yang dilakukan pada Photoshop CS 5 ini tidak banyak, hanya ada beberapa, diantaranya tampilan icon, Welcome Splash, Toolbar, dan Workspace.

15. Photoshop CS6 

Mei 2012, Adobe Photosop kembali merilis Photoshop dengan versi CS6 yang memiliki codename Supersition. Terjadi penambahan banyak fitur pada versi ini, diantaranya Blur gallery, Adobe Camera RAW 7, didukung oleh Adobe Mercury Graphics Engine, New crop tool, dan AutoRecovery dll.

16. Photoshop CC 

Juni 2015, Adobe kembali memperkenalkan produk terbaru mereka yang dinamai dengan Adobe Photoshop CC (Creative Cloud). Dari tampilan sekilas, Adobe Photoshop CC memiliki kemiripan ‘wajah’ dengan Adobe Photoshop CS6. Tampilan balutan warna abu-abu tua dan penempatan tombol-tombol juga masih sama seperti versi sebelumnya. Namun, jika digali lebih dalam, Adobe Photoshop CC ini merupakan senjata yang ampuh bagi para fotografer dan desainer, karena Adobe sudah melengkapi produk satu ini dengan segudang fitur baru yang tidak dipunyai versi-versi sebelumnya, beberapa fitur baru tersebut yang dibawa oleh Photoshop CC ini adalah fitur Shake Reduction, Blur Trace Bounds, Smoothing, dan Artifact Suppression, Camera Raw, dll.

19 comments for "Pengenalan, Sejarah, dan Perkembangan Adobe Photoshop"

  1. Bagaimana cara menggunakan Adobe Photoshop?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan pantengin terus blog ini ya, akan saya pada materi-materi selanjutnya.

      Delete
  2. Profesi apa yang biasanya menggunakan photoshop?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagian besar profesi yang biasa menggunakan adobe photoshop adalah photografer dan desainer. Tapi tidak menutup kemungkinan kita semua juga harus mengetahui (memerlukan) teknik olah gambar digital dasar dengan menggunakan photoshop baik itu untuk keperluan pribadi ataupun untuk keperluan pekerjaan.

      Delete
  3. Replies
    1. baik silahkan dilanjutkan pada materi selanjutnya nanti.

      Delete
  4. Selamat siang pak, untuk laptop dengan spesifikasi intel i5-7200U dengan ram 12GB, lebih baik menggunakan photoshop versi yang mana ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. spesifikasi tersebut sudah mampu menjalankan photoshop versi terbaru.

      Delete
  5. Lebih mudah desain menggunakan Photoshop atau adobe ilustrator?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama product adobe, kalau AP menggunakan pixel sedangkan AI menggunakan vector, sehingga kegunaannya tergantung dengan kebutuhan kita.

      Delete
  6. Saya ingin bertanya, Apa yang mendasari perkembangan Photoshop ke microsoft windows?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak hal, hanya saja yang paling ketara adalah peminat windows lebih banyak dari pada sistem operasi lainnya, sehingga pengembangan lebih dilakukan pada sistem operasi windows.

      Delete
  7. Aplikasi Ps ini sepetinya cukup susah untuk dipakai untuk pemula, apa ada aplikasi yang lebih mudah dipelajari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan ikuti materi selanjutnya jika ingin belajar lebih dalam mengenai adobe photoshop.

      Delete
  8. Saya ingin bertanya, mengingat saya masih beginner, apa saja yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan aplikasi Adobe Photoshop ini? Dan mengenai aksesnya apakah dikenakan syarat tertentu sprti biaya? Terimakasih 🙌

    ReplyDelete
  9. Apakah pengguna Adobe Photoshop biasa baik untuk pemula atau disarankan membeli versi pro? dan perbedaan apa yang bisa dirasakan pengguna jika memiliki Adobe Photoshop Pro?. Terimakasih.

    ReplyDelete
  10. Dari sekian banyaknya versi di Adobe Photoshop banyak fitur" yang membantu dalam hal mendesain maupun mengedit foto, hal" apa saja yang penting dan harus di kuasai dalam mengaplikasikan adobe photoshop?

    ReplyDelete
  11. Fitur-fitur apa saja yang paling penting sekiranya bisa di pelajari oleh pengguna Adobe Photoshop pemula?

    ReplyDelete
  12. adobe photoshop yang bisa AI itu termasuk CC berapa ya?

    ReplyDelete