Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyeleksi Kulit Wajah pada Adobe Photoshop

Adobe Photoshop atau yang biasanya disebut Photoshop merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan memanipulasi gambar digital serta membuat desain. Eksistensi photoshop ini begitu populer, dimana aplikasi yang dibuat dan dikembangkan oleh Adobe ini sudah banyak digunakan oleh orang yang berkecimpung di bidang desain grafis dan multimedia untuk pengeditan gambar bitmap, seni digital, dan desain grafis.

Kemampuan photoshop ini seperti kemampuan Deddy Corbuzier yang bisa bersifat manipulative bagaikan sulap, seperti foto orang yang sedang berjalan diedit menjadi orang itu sedang terbang. Tentu pengeditan tersebut memerlukan skill tertentu seperti orang yang sudah ahli atau professional.

Sebelum menjadi seorang ahli, anda harus mengetahui hal-hal dasar untuk menggunakan software photoshop ini, seperti toolbox, layer, pallete, dan lain-lain. Nah, pada artikel ini kami akan membahas dua cara menyeleksi kulit wajah pada Adobe Photoshop, yaitu menggunakan Quick Selection Tool dan color range. Sebelum itu, pastikan foto yang digunakan memiliki kualitas yang baik dan tentunya area wajah tersorot dengan jelas agar saat proses seleksi dapat dilakukan dengan mudah.

1. Quick Selection Tool

Langkah pertama dimulai dengan membuka Adobe Photoshop di laptop/komputer anda dan siapkan foto yang akan diseleksi kulit wajahnya dengan cara pilih menu File > Open > Pilih Foto. Setelah itu, klik open untuk mulai mengedit foto.


Pada toolbox arahkan cursor ke arah object selection tool, lalu klik kanan dan pilih quick selection tool.

Quick selection tool merupakan bagian dari toolbox yang berfungsi untuk menyeleksi area yang diinginkan dengan cepat sesuai dengan bentuk objek.

Langkah selanjutnya, arahkan cursor ke area kulit wajah pada objek foto. Setelah itu, quick selection tool ini akan membentuk garis putus-putus sesuai dengan bentuk object yang diseleksi, seperti gambar di bawah ini.


Gambar di atas adalah hasil dari seleksi kulit wajah pada Adobe Photosop.

2. Color Range

Selain menggunakan quick selection tool, Anda juga bisa menggunakan color range untuk menyeleksi kulit wajah pada Adobe Photoshop. Cukup dengan 4 langkah saja, Anda sudah bisa menyeleksi kulit wajah. Caranya yaitu :

1. Langkah pertama tentunya Anda harus membuka Adobe Photoshop dan siapkan foto yang akan diseleksi.

2. Setelah itu, pilih menu Select-> Color Range. Ubah dari Sampled Colors menjadi Skin Tones. Lalu foto akan berubah menjadi bagian gelap dan terang. Untuk area yang terang, itu merupakan area yang diseleksi.



3. Selanjutnya centang Detect Faces untuk memfokuskan seleksi pada bagian wajah. Lalu atur Fuzziness untuk mengatur radius area yang akan diseleksi. Setelah itu tekan OK.

4. Langkah terakhir yaitu rapikan bagian-bagian yang tidak diperlukan dengan menggunakan Tool Selection.

Kalau anda ingin merapikan area seleksi yang tidak diinginkan, Anda bisa menggunakan tool selection lainnya, seperti quick selection tool sambil menekan tombol ALT dan arahkan ke area seleksi yang tidak diinginkan. Setelah Anda menyeleksi area wajah, Anda bisa mengatur brightnest, contrast, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa melakukan manipulasi wajah atau menukar area wajah yang diseleksi menjadi wajah orang yang Anda inginkan.

Demikian cara menyeleksi area kulit wajah menggunakan Adobe Photoshop bagi pemula. Jika anda masih bingung atau saran, silakan tinggalkan komentar di kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat!.

Post a Comment for "Cara Menyeleksi Kulit Wajah pada Adobe Photoshop "