Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SQL pada Ms. Access

 

Bahasa database adalah bahasa khusus yang ditetapkan untuk pembuatan DBMS (database management system), dimana bahasa basis data merupakan tentang  cara berkomunikasi antara user/pemakai dengan database. Bahasa ini terdiri atas sejumlah perintah yang diformulasikan untuk dapat diberikan oleh pengguna dan dikenali oleh DBMS. Salah satu bahasa database yang populer adalah SQL.

SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language. SQL digunakan untuk berkomunikasi dengan database. Menurut ANSI (America Nasional Standard Institute), SQL merupakan bahasa standar untuk sistem manajemen database relasional. Perintah SQL digunakan untuk melakukan tugas-tugas seperti update data, atau pengambilan data dari database.

Query adalah kemampuan untuk menampilkan data dari database, dimana data yang ditampilkan merupakan data dari tabel-tabel dengan field tertentu yang akan ditampilkan.

Perintah SQL pada Ms. Access :

1. Membangun Tabel

CREATE TABLE nama_tabel (field_1 datatype_1 primary key, field_2  datatype_2, field_n datatype_n);

Contoh : CREATE TABLE Tb_Dosen (NIP int primary key, Nama char(150), Gender char(20), Telepon(15)), Email(50));

2. Memasukkan Data/Record ke dalam Tabel

INSERT INTO nama_tabel VALUES (record_1, record_2, record_n);

Contoh : INSERT INTO Tb_Dosen VALUES (202111006, ‘Ida Ayu Putri Widiasuari Riyasa’, ‘Perempuan’, ‘087861882923’, ‘putriwidiasuari@pnb.ac.id’);

3. Mengedit Data pada Tabel

UPDATE nama_tabel SET field_2 = record_2, field_n = record_n WHERE field_1 = record_1 WHERE field_1 = record_1

Contoh : UPDATE Tb_Dosen SET Nama = ‘I Putu Okta Priyana’, Gender = ‘Laki-laki’, Telepon = ‘08123488811’, Email = ‘oktapriyana@pnb.ac.id’ WHERE NIP = 202111006;

4. Menghapus Data pada Tabel

DELETE * FROM nama_tabel WHERE field_1 = record_1;

Contoh : DELETE * FROM Tb_Dosen WHERE NIP = 202111006;

Menyeleksi Record

SELECT * FROM nama_tabel;

Contoh : SELECT * FROM Tb_Mhs;

Note : tanda kutip tunggal buka (‘) dan tutup (’) digunakan jika record yang diinputkan dengan tipe data char/tidak angka.


Post a Comment for "SQL pada Ms. Access"