Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Mock-Up Buku pada Adobe Photoshop

Mockup adalah sarana seorang designer untuk memberikan gambaran mengenai suatu karya yang ingin dihasilkan. Mockup menyerupai hasil final yang ingin ditunjukan, sehingga klien dapat memiliki bayangan atau imajinasi mengenai desain yang ingin diciptakan. Mockup dapat dikerjakan dengan atau tanpa bantuan sebuah aplikasi.

Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai cara atau langkah-langkah dalam pembuatan mockup cover buku di photoshop.

1. Langkah pertama buka Adobe Photoshop, disini kami menggunakan Adobe Photoshop CS3. Kemudian open file template mockup bukunya. Kami menggunakan template mockup seperti gambar dibawah ini. Teman-teman juga bisa menggunakan template mockup seperti kami.

2. Setelah langkah pertama, selanjutnya kita buat kotak putih untuk di tempatkan desain cover buku kita nanti, ini dilakukan dengan tujuan membuat kotak agar nantinya waktu kita menempelkan desain cover buku kita ke mockup bukunya akan lebih terlihat rapi. Buat layer baru dengan cara menekan Ctrl+Shift+N di keyboard. Atau bisa juga dengan mengklik Crate a New Layer.

3. Pilih Pen Tool (P), kita mulai dari membuat garis patch dengan cara meng-click titik awal pada template bukunya. Kemudian click di titik kedua, maka akan membuat sebuah garis patch. Untuk membuat garis melengkungnya itu dilakukan dengan cara meng-click ke garis kedua pada garis yang akan sobat buat melengkung, lalu tahan click nya, kemudian geser pointer mouse-nya, maka dia akan membuat garis lurus menjadi melengkung atau berbelok. Lakukan hingga membentuk garis patch yang mengelilingi template cover bukunya.

4. Setelah selesai, click kanan pada garis patch tadi kemudian pilih Make Selection. Pada settingannya Feather Radius 0 pixels - click ok.

5. Pilih Paint Bucket Tool (G), atur warna Forground-nya denga warna putih. Lalu warnai area seleksi dengan Paint Bucket Tool (G) tadi.

6. Sekarang Layer 2 menjadi objek putih yang nantinya akan kita tempatkan desain cover buku. Sekarang buka desain cover buku dahulu, jika belum membuat desainnya, kita bisa belajar membuat desain cover buku dengan Adobe Photoshop dengan click File - Open atau bisa dengan cara menekan Ctrl+O di keyboard. Masukan desain cover yang sudah sobat buat tadi.

7. Pada gambar cover buku, kita pilih Rectangular Marquee Tool (M). Seleksi bagian depan cover bukunya dengan tool tadi.

8. Tekan Ctrl+J untuk men-duplicate objek yang terseleksi tersebut.

9. Lalu drag layer hasil dupllicate tadi ke gambar template mockup tadi.

10. Kemudian, perhatikan susunan layer nya. Kemudian kecilkan Opacity layer Desain Cover sebesar 40%.

11.  Pilih Menu Edit - Free Transform (Ctrl+T). Dengan menekan Ctrl, aturlah bentuk dan posisi desain cover bukunya mengikuti template mockup bukunya. Click titik sudut, kemudian samakan dengan sudut template mockup-nya, kemudian tekan ENTER.

Kembalikan Opacity Layer Desain Covernya ke 100% lagi. Agar keliatan rapi dan desainnya tidak nampak keluar dari template mockup-nya, kita buat desain cover tadi yang bentuknya mengikuti kotak putih yang sudah kita buat di awal tadi. Tekan Alt kemudian klik diantara layer 2 dan layer desain cover.

Pada bagian tengah buku bisa juga bisa kita  tambahkan sedikit efek bayangan atau bisa juga dengan memberikan warna. Tapi kalau yang diinginkan tetap mengunakan desain warna dasar dari template mockup-nya, kita tidak perlu di menambahkan apapun lagi.

Post a Comment for "Cara Membuat Mock-Up Buku pada Adobe Photoshop"