Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Media Sosial

Secara tidak langsung saat ini media sosial merupakan sebuah kebutuhan penting untuk setiap orang. Mulai dari chating, update status, upload foto/video, bahkan untuk urusan mencari informasi produk kita biasanya melakukannya lewat media sosial. Dari semua kemudahan tersebut pasti ada kelebihan dan kekurangannya, mengenai hal tersebut akan kita bahas melalui artikel ini.

Pengertian Media Sosial

Media sosial adalah sebuah platform digital yang terkoneksi dengan internet digunakan untuk memfasilitasi setiap pengguna berinteraksi dengan sesesama pengguna, baik interaksi komunikasi ataupun membagikan konten dalam bentuk teks, foto, ataupun video.

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

Karena banyaknya perhatian terhadap media sosial yang merupakan fenomena populer saat ini, maka memunculkan definisi tersendiri oleh beberapa ahli terhadap teknologi media sosial. Beberapa ahli tersebut menyebutkan definisi media sosial sebagai berikut :

  1. B.K. Lewis, pada tahun 2010 mendefinisikan media sosial merupakan suatu label yang merujuk pada teknologi digital yang bisa memungkinkan orang-orang untuk saling melakukan interaksi, produksi dan bagi pesan.
  2. Chris Brogan, pada tahun 2010 mendefinisikan media sosial adalah satu perangkat alat komunikasi yang di dalamnya memungkinkan untuk terjadi jenis interaksi baru.
  3. Dave Kerpen, pada tahun 2011 mendefinisikan media sosial adalah tempat kumpulan gambar, video, teks serta hubungan interaksi dalam jaringan antara baik individu atau kelompok seperti organisasi.

Fungsi Media Sosial

Selain sebagai penghubung satu sama lainnya, media sosial dapat dikategorikan dalam beberapa fungsi, diantaranya adalah :

1. Komunikasi

Komunikasi adalah fungsi utama media sosial, dimana seperti yang kita tahu dengan bantuan teknologi internet yang semakin hari semakin berkembang menjadikan para pengguna dapat berkumpul pada suatu tempat di media sosial dengan berbagai pengguna di dunia, sehingga interaksi yang terjadi menjadi lebih mudah tanpa ada batasan waktu dan geografi.

2. Branding

Fungsi lain dari media sosial adalah branding, dimana fungsi ini terlihat dari cara masing-masing pengguna menata akun media sosial mereka masing-masing. Sehingga dengan penataan tersebut akan memperlihatkan seseorang dalam membangun sebuah citra dirinya sendiri di mata orang banyak.

3. Tempat Usaha

Setelah menyediakan komunikasi dan branding, media sosial semakin berkembang dengan menyediakan wadah untuk para pengguna melakukan usaha atau bisnis.

4. Marketing

Dengan jangkauan audiensi yang sangat luas menjadikan media sosial sebagai media sosial pemasaran/marketing yang sangat efektif.

Jenis Media Sosial

Dengan kepopuleran media sosial ditengah masyarakat, media sosial terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah :

1. Jejaring Sosial

Jenis ini sering disebut dengan Social networks dimana jenis media sosial ini berfungsi untuk bersosialisasi dan berbagi informasi satu sama lainnya. Contoh dari media sosial jenis ini adalah Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, WhatsApp, dan Telegram.

2. Situs Kolaborasi

Jenis media sosial ini adalah mengajak pengguna menjadi anggota untuk memuat, menyunting, ataupun mengoreksi isi konten dalam situs. Contoh media sosial ini adalah Wikipedia.

3. Blog

Jenis media sosial ini adalah jurnal pribadi yang membagikan catatan ataupun pandangan pengguna terhadap berbagai hal dalam bentuk tulisan, suara, foto, ataupun video. Contoh dari media sosial ini adalah Wordpress, Blogger, dan Youtube.

Post a Comment for "Pengertian, Fungsi, dan Jenis Media Sosial"