Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Elemen Dasar User Experience

Pada bagian ini adalah menjelaskan secara singkat mengenai elemen pada UX Design berdasarkan framework yang dibuat oleh Jesse James Garret.


Strategy

Layer paling dasar adalah Strategy dimana di lapisan ini kita akan menentukan apa yang dibutuhkan user, dan juga tujuan kita untuk produk tersebut. Tahap awal bagaimana ingin membangun produk dengan UX yang baik. Pada lapisan ini terlebih dahulu ditentukan tujuan dari produk itu untuk apa dan memahami apa yang menjadi kebutuhan pengguna. Lapisan ini meliputi :

  1. Tujuan bisnis
  2. Identitas brand
  3. Parameter kesuksesan
  4. Segmentasi pengguna
  5. Kebergunaan dan riset pengguna
  6. Model pengguna

Scope

Layer kedua adalah Scope, disini ini kita akan mencari tau apa yang akan kita buat dan apa yang tidak akan kita buat. Produk yang ingin dibuat tentunya memiliki berbagai batasan. Cakupan (scope) ini merupakan ruang lingkup dari tujuan produk dan kebutuhan pengguna menjadi persyaratan spesifik untuk apa konten dan fungsionalitas produk yang ditawarkan ke pengguna. Lapisan ini meliputi :

  1. Fungsionalitas dan konten
  2. Menentukan persyaratan
  3. Spesifikasi fungsional
  4. Persyaratan konten
  5. Memprioritaskan persyaratan

Structure

Layer ketiga adalah Structure, pada layer kali ini kita harus memahami perilaku dan kebiasaan user dengan tujuan supaya kita mendapat pemahaman dalam mengembangkan produk yang sesuai dengan pengalaman user. Setelah persyaratan telah ditentukan dan didefinisikan, maka akan didapatkan gambaran jelas mengenai apa yang terdapat pada produk akhir. Lapisan ini meliputi :

  1. Desain interaksi (interaction design)
  2. Arsitektur informasi (information architecture)

Skeleton

Layer keempat adalah Skeleton dimana kita akan menyiapkan komponen-komponen Visual Design yang akan kita gunakan pada layer terakhir. Atau struktur yang telah dikembangkan pada lapisan sebelumnya, dikembangkan kembali secara spesifik untuk setiap aspek antarmuka, navigasi, dan desain informasi yang akan membuat struktur semakin konkrit. Lapisan ini meliputi :

  1. Desain antarmuka
  2. Desain navigasi
  3. Desain informasi
  4. Kerangka

Surface

Surface yang merupakan layer terakhir dimana merupakan sebuah Interface Design dari produk yang dibuat. Surface adalah lapisan apa yang akan user lihat dan juga akan berinteraksi dengan user. Memberikan perhatian untuk aspek-aspek yang secara langsung dirasakan pengguna. Pada lapisan ini, konten, fungsionalitas, dan estetika digabungkan untuk membuat desain akhir yang memenuhi tujuan dari lapisan-lapisan di bawahnya. Lapisan ini meliputi :

  1. Kontras dan keseragaman
  2. Konsistensi internal dan eksternal
  3. Palet warna dan tipografi
  4. Mock-up desain dan style guide

Referensi :
Garrett, J.J., “The Element of User Experience: User Centered Design for the Web and Beyond” New Riders, 2011.
Knapp, J. et al, “Sprint: How to Solve Big Problems and Test New Ideas in Just Five Days” Simon & Schuster, 2016.

Post a Comment for "Elemen Dasar User Experience"